Cara Membuat Facebook | Fanspage | Group | Tutorial FB Lengkap

oleh pada Jumat, 01 November 2013
Cara Membuat Facebook | Fanspage | Group | Tutorial FB Lengkap Bandung
Cara Membuat Facebook | Fanspage | Group | Tutorial FB Lengkap
Facebook merupakan social media terpopuler di dunia selain twitter dan google plus. Sejak dicetuskan pertama kali oleh Mark Zuckerberg, jumlah peminat situs jejaring sosial ini terus bertambah dari hari ke hari di seluruh dunia. Sekedar info, jumlah pemakai facebook di Indonesia sudah 33 juta orang.

Untuk lebih mengenal tentang facebook, berikut deskripsi yang saya dapat langsung dari situs tersebut. Facebook adalah sarana sosial yang menghubungkan orang-orang dengan teman dan rekan mereka lainnya yang bekerja, belajar, dan hidup di sekitar mereka. Orang-orang menggunakan Facebook untuk menjaga hubungan dengan teman, bertukar foto tanpa batas, mengirim tautan dan video, dan mengetahui lebih jauh tentang orang-orang yang mereka temui. Dengan mengetahui deskripsi facebook, setidaknya kita bisa membayangkan berbagai hal yang bisa kita lakukan jika bergabung di situs tersebut.

Daftar Isi


Cara Membuat Akun Facebook dengan Mudah


Membuat Akun Facebook tidak sulit, Anda bisa membuatnya sendiri tanpa bantuan teman. :) Syarat pertama yang harus Anda miliki adalah email (surat elektronik). Anda bisa membuat email di gmail, yahoo dan sebagainya. Jika Anda sudah siap, lihat panduan lengkap cara membuat akun facebook berikut ini (step by step).

- Buka Situs www.facebook.com
- Kemudian isi kolom yang tersedia dengan data diri Anda
- Klik tombol mendaftar (tombol warna hijau, letaknya dibagian bawah)

Cara Membuat Akun Facebook

- Muncul halaman yang meminta kita menghubungi teman - teman di Email. Dengan memanfaatkan fitur ini berarti kita bisa mengajak mereka bergabung di facebook.

Cara Buat Akun Facebook - Cari Teman di Email

- Klik Lewati jika kita tidak menginginkan fitur ini.

Cara Buat Akun Facebook -  Klik Lewati

- Isi data yang tersedia dengan data diri Anda.

Penjelasan mengenai Setting Privacy berlaku untuk semua informasi, status, foto dan sebagainya

  • Publik : Siapa saja bisa melihat informasi Anda, meskipun dia tidak berteman dengan Anda
  • Teman : Hanya teman (sudah melakukan add pertemanan dan Anda Confirm) yang bisa melihat informasi Anda.
  • Hanya Saya : Hanya Anda yang bisa melihat informasi ini, orang lain tidak bisa melihatnya
  • Khusus : Setting khusus mengenai siapa saja yang Anda ijinkan untuk melihat informasi Anda dan siapa saja yang Anda tolak
  • Teman Dekat : Hanya teman dekat yang bisa melihat informasi ini. Siapa teman dekat Anda di facebook dan bagaimana menggunakan fitur ini. Informasi ada dibawah.
  • Keluarga : Hanya keluarga yang bisa melihat informasi ini. Keluarga ini tidak selalu keluarga asli di dunia nyata. Lebih detail akan saya informasikan di bawah.


Cara Buat Akun Facebook - Isi Data Anda

- Pasang foto profil dengan klik Unggah Foto. Fungsi foto ini juga bisa mempermudah teman kita (orang lain) yang ingin berteman di fb.

Cara Buat Akun Facebook - Tambahkan Foto Profil

- Klik Choose File dan cari foto di komputer

Cara Buat Akun Facebook - Cari Foto di Komputer

- Foto Profil Anda telah siap

Cara Buat Akun Facebook - Foto Profil Anda

- Muncul halaman referensi teman, biasanya sejumlah teman ini disesuaikan oleh Facebook saat kita mengisi kolom daerah asal, kota saat ini, sekolah, universitas.

Cara Buat Akun Facebook -  Referensi Teman

- Konfirmasi email Anda dengan klik buka email Anda

Cara Buat Akun Facebook -  Konfirmasi Email Anda

Cara Buat Akun Facebook -  Tombol Konfirmasi di Email

- Perkaya informasi profil Anda dengan mengisi kolom ini.

Cara Buat Akun Facebook -  Perkaya Info  Anda

Facebook Anda telah siap dan Anda sudah bisa berbagi status, foto, mencari teman, bergabung di group fb dan sebagainya. Selamat! Mudah bukan cara membuat akun facebook?

Cara Setting Facebook


Setting yang bisa Anda lakukan diantaranya mengenai pengaturan umum, keamanan, privacy, kronologi dan penandaan, pemblokiran, pemberitahuan, seluler, pengikut, aplikasi, iklan, pembayaran, dasbor dukungan. Pada dasarnya setting default facebook sudah bagus, namun tidak sedikit pengguna yang melakukan setting ulang terkait masalah privacynya yang tidak ingin diumbar kalangan luas.

Mengenai detail cara - cara melakukan setting facebook silahkan klik disini.

Cara Menambahkan / Mengganti / Merubah Foto Profil Facebook


Terkadang Anda bosan dengan foto profil facebook Anda, dan ingin menggantinya. Nah untuk menggantinya Anda tinggal klik sunting foto profil. (Arahkan cursor di foto profil Anda / di bawah foto sampul)

Cara Mengganti Foto Sampul di Facebook


Opsi - opsi yang muncul
- Ambil Foto : Jika komputer Anda sudah tersedia webcam, opsi ini bisa Anda pilih
- Unggah Foto : Upload foto dari komputer Anda
- Sunting Foto Mini : Anda bisa menggeser foto profil mini Anda. Tampilan foto ini akan terlihat disaat Anda berbagi status, memberikan komentar. Jika perlu digeser, geserlah biar foto Anda tambah ganteng / cantik. :)
- Hapus


Cara Menambahkan / Mengganti / Merubah Foto Sampul di Facebook


Sebelum mengganti foto sampul facebook Anda, ada baiknya kita tahu lebih dulu berapa ukuran foto sampul facebook yang pas, tanpa menggeser lagi nantinya. Ukurannya 851 x 315. Berikut cara menambahkan foto sampul agar facebook Anda semakin keren.

Cara Mengganti Foto Sampul di Facebook

- Klik Tambahkan /Sampul
- Pilih dari Koleksi Foto maksudnya Anda tinggal memilih foto yang pernah Anda upload di FB.
- Unggah Foto maksudnya Anda mengupload foto dari komputer Anda.
- Untuk foto yang lebih kecil dari ukuran facebook akan ditolak, jika lebih besar dari ukuran sampul facebook secara otomatis Anda bisa menggesernya. Saran saya siapkan foto ukuran 851 x 315 saja, tanpa perlu menggeser - geser lagi.

Cara Menyembunyikan Status / Foto di Facebook


Mungkin Anda risih jika melihat status kebelakang ternyata ada yang tidak berkenan dengan keinginan Anda di saat ini. Misalnya begini : pada suatu ketika Anda berpacaran dengan si A, ternyata hubungan ini tidak langgeng dan kemudian Anda berpacaran dengan si B. Nah karena Anda tidak ingin si B nantinya cemburu tatkala menelusuri status Anda terdahulu dimana Anda dan Si A mengumbar keromantisan, maka yang perlu Anda lakukan adalah menyembunyikan status / foto tersebut. Bagaimana caranya? berikut cara menyembunyikan status / foto di kronologi fb.

Cara Menyembunyikan Status Foto di Kronologi FB


Klik tombol V seperti contoh gambar di atas. Kemudian klik sembunyikan dari kronologi. Perbedaan sembunyikan dan hapus adalah jika sembunyikan, itu artinya status / foto masih bisa diakses di beranda tapi di halaman profil Anda status / foto ini tidak terlihat. Jika hapus berarti status itu benar - benar di hapus permanen. Semua orang tidak bisa mengaksesnya.

Untuk status baru yang disembunyikan, orang masih bisa mengaksesnya di pencarian, kabar berita, dan tempat lain di Facebook. Tapi untuk status lama akan kesulitan. :) Tinggal kembali pada Anda apakah status tersebut disembunyikan atau dihapus permanen.

Tips Membuat Foto Profil dan Foto Sampul Menyatu Keren dan Lucu


Tips Membuat Foto Profil dan Foto Sampul Menyatu Keren dan Lucu

- Klik Facebook Cover Maker
- Upload gambar dari komputer Anda (foto profil dan foto sampul)
- Lihat hasilnya :)

Tips Mencari Teman di Facebook dengan Cepat


Cara mencari teman lama dengan mudah di fb (dengan asumsi si dia juga punya akun fb)
- Langsung tanya orangnya. hehehe :)
- ketik emailnya di kolom pencarian

Tips Mencari Teman di Facebook dengan Cepat

Jika kita tahu email seseorang, kita lebih mudah untuk menemukannya di fb. Tapi ada sebagian yang melakukan setting khusus agar email tidak muncul di hasil penelusuran di facebook. Cara diatas hanya berlaku bagi seseorang yang tidak merubah setting privacy emailnya.

- Jika Anda tidak ingat emailnya, Anda bisa menautkan namanya di kolom pencarian. Untuk menemukan orang yang Anda maksud lakukan penyortiran dengan cara klik hasil lainnya - pilih opsi orang - cari orang berdasarkan kota - sekolah. Cara ini akan sangat sulit ketika orang yang Anda maksud menggunakan nama fb yang berbeda dengan nama aslinya, dan informasi yang dia tulis jauh berbeda. Misalkan dia asli Surabaya, namun di fbnya dia tulis berasal dari kota Texas America biar keren.

Cara Membuat Fanspage Facebook


Perbedaan mendasar antara akun facebook dan fanspage adalah akun facebook bisa saling berteman, berbagi status dengan akun facebook lainnya (hubungan 2 arah timbal balik). Sedangkan fanspage tidak bisa. Meski pemilik fanspage bisa berbagi informasi kepada orang lain, tapi tidak bisa melihat perbaruan status orang lain. Di beranda fanspage yang muncul adalah perbaruan dari fanspage - fanspage yang dia like. Namun hal yang menarik dari fanspage ini adalah Anda bisa menggunakannya untuk bisnis. Karena semakin besar jumlah yang like di fanspage Anda, maka semakin besar peluang terjadinya transaksi atas produk Anda. Selain itu jumlah yang like di fanspage bisa menjadi pendobrak reputasi bisnis Anda. Menarik? berikut ulasan cara membuat fanspage di facebook.

- Klik https://www.facebook.com/pages/create.php
- Tentukan kategori fanspage Anda (Tempat atau Bisnis Lokal, Perusahaan, Organisasi, atau Institusi, Merk atau Produk, Artis, Grup Musik atau Tokoh Masyarakat, Hiburan, Perjuangan atau Komunitas)

Cara Membuat Fanspage Facebook - Kategori Fanspage

- Isikan judul fanspage Anda dan jangan lupa centang persetujuan.

Cara Membuat Fanspage Facebook - Isi Judul Fanspage

- Isi deskripsi fanspage Anda. Jika Anda memiliki situs blog / website, tambahkan di kolom yang tersedia.

Cara Membuat Fanspage Facebook - Deskripsi Fanspage

- Tambahkan foto profil fanspage Anda dengan cara mengunggahnya dari komputer atau impor dari situs web (alamat url gambar)

Cara Membuat Fanspage Facebook -  Upload Foto Profil Fanspage

Cara Membuat Fanspage Facebook -  Tampilan Foto Profil Fanspage

- Tambahkan ke Favorit untuk memudahkan Anda mengakses fanspage, karena akan muncul di beranda akun facebook Anda

Tambahkan Favorit

- Abaikan dengan klik tombol lewati. Fungsi ini adalah untuk mempromosikan halaman Anda sehingga banyak yang like nantinya. Tentu saja Anda harus merogoh kocek untuk berpromosi di fb.

Cara Membuat Fanspage Facebook -  Iklan Fanspage

Demikian cara membuat fanspage di facebook. Pada dasarnya sama dengan membuat akun facebook bukan!

Tips Agar Fanspage Facebook Banyak di Like


  • Update informasi yang 1 tema dengan fanspage Anda, misalnya fanspage pecinta naruto, ya hal - hal yang berkaitan naruto yang diulas. Jika membahas diluar konteks, seperti resep masak, jadinya fanspage Anda terlihat lucu. :)
  • Rajin Update, tapi tidak berlebihan, misalnya 1 hari 1-3 postingan.
  • Rajin promosi fanspage di fanspage / group orang lain. Tapi jangan sampai terdeteksi spam.
  • Jasa Jempol. Di fb banyak yang menawarkan jasa ini.
  • Berpromosi di facebook.
  • Berpromosi di Blog / Website

Ini cara yang biasa saya lakukan, semoga ada manfaatnya. Saya buat 10 akun klonengan facebook dan sengaja dibuat untuk memiliki lebih dari 3000 teman untuk masing - masing akunnya. Nah selanjutnya selain akun - akun ini yang like fanspage, tujuan akun ini dibuat juga untuk merekomendasikan fanspage utama agar di like teman - temannya.

Cara Membuat Group Facebook


Group facebook merupakan komunitas / tempat berkumpulnya orang - orang yang membahas hal - hal apa saja. Meski pemilik blog sudah membuat rambu - rambu tertentu mengenai judul group / deskripsi, tidak sedikit orang - orang berlomba untuk saling berjualan produknya. :) Langsung saja berikut cara membuat group facebook / grup fb.

- Klik https://www.facebook.com/bookmarks/groups
- Kilk tombol buat group

Cara Membuat Grup Facebook - Klik Buat Group

- Undang teman Anda dan lakukan setting apakah group Anda terbuka, tertutup, rahasia

  • Terbuka artinya siapa saja bisa mengakses informasi di dalam group (kiriman group dan siapa saja yang menjadi anggota), meskipun orang tersebut tidak menjadi anggota group.
  • Tertutup artinya hanya anggota yang bisa melihat kiriman di grup tersebut, namun orang lain masih bisa melihat info siapa saja yang menjadi anggota group tersebut.
  • Rahasia artinya hanya anggota yang bisa melihat kiriman dan siapa saja yang menjadi anggota group. Orang lain sama sekali tidak bisa melihatnya


Cara Membuat Grup Facebook - Undang Anggota Group

- Tentukan icon group Anda

Cara Membuat Grup Facebook - Pilih Icon Group

- Selamat grup Anda telah dibuat

Cara Membuat Grup Facebook - Tampilan Group Baru

- Setting group Anda terkait persetujuan anggota, ijin mengirim dan sebagainya.

Cara Membuat Grup Facebook - Setting Group

Cara Membuat Emoticon Menarik di Status & Komentar Facebook


Cara Membuat Emoticon Menarik di Status & Komentar Facebook

Caranya cukup mudah, Anda tinggal membuat kode seperti :-D maka hasilnya muncul icon tertawa. Tujuan icon ini untuk membuat status / komentar lebih menarik lagi. Download Gambar Emoticon Facebook

Rahasia Facebook yang Jarang Diketahui Penggunanya


  1. Cara membuat tulisan terbalik di status / komentar silahkan kunjungi http://www.fliptext.org. Anda tinggal masukkan teks yang Anda inginkan, kemudian klik tombol flip text. Setelah itu Anda copy paste.
  2. Cara menyundul artikel di group fb tanpa jejak (berfungsi agar postingan lama muncul kembali di halaman teratas). Setelah menemukan artikel yang dimaksud pada kolom pencarian group fb, silahkan isi komentar apa saja, kemudian segera Anda hapus. Mudah bukan! Secara otomatis postingan tersebut akan berada paling atas sendiri. Ini juga bisa Anda lakukan saat berdagang di group fb. Jangan spam dengan mengupload kiriman yang sama setiap harinya di group tersebut. Anda cukup lakukan sekali saja, kemudian jika Anda sign in di facebook tinggal gunakan cara sundul ini. :)
  3. Cara mengetahui link postingan tertentu di status / foto / groups adalah dengan klik tanggal postingan tersebut. Ini namanya permalink facebook. 
  4. Terkadang ada yang share foto di grup fb, tapi sebagian orang bisa melihatnya, sebagian yang lain tidak bisa melihatnya. Hal ini dikarenakan setting privacy foto yang dibagikan. Agar semua orang di dalam grup bisa melihatnya, pastikan setting privacy status public.

Demikian informasi mengenai Cara Membuat Facebook | Fanspage | Group | Tutorial FB Lengkap.

Terkait